Jumat, 04 November 2011

PERTAMBANGAN

Oleh :
Febry Aryanto
12410701 / 2 IB 02


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadapan ALLAH SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nyalah tulisan ini kami selesaikan tepat pada waktunya. Ada pun makalah ini kami susun, untuk dapat memenuhi tugas I mata kuliah Pengantar Lingkungan. Tulisan ini kami beri judul ”Pertambangan”. Kami berharap dengan disusunnya tulisan ini agar mahasiswa mengerti dan memahami masalah lingkungan dalam pembangunan pertambangan energi, cara pengelolaannya, kecelakaan di pertambangan, penyehatan lingkungan pertambangan, serta pencemaran dan penyakit-penyakit yang timbul.Kami menyadari tulisan ini jauh dari kata sempurna, karena itu kritik dan saran yang membangun kami harap kan.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Edi Minaji Pribadi selaku dosen mata kuliah Pengantar Lingkungan yang telah membimbing kami, sera pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan tulisan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.



Bekasi, 22 Oktober 2011


PENDAHULUAN

Menurut jenis yang dihasilkan di Indonesia terdapat antara lain pertambangan minyak dan gas bumi, logam-logam mineral seperti timah putih, emas, tembaga, mangan, air raksa, besi, belerang dan lain-lain. Bahan organik seperti batubara, batu0batu berharga seperti intan dan lain-lain.

Pembangunan dan pengelolaan bidan pertambahan perlu diserasikan dalam bidang energi dan bahan bakar serta pengembangan wilayah, disertai dengan peningkatan pengawasan yang menyeluruh.

Pengembangan dan pemanfaatan energy perlu secara bijaksana baik itu untuk keperluan ekspor maupun untuk penggunaan dalam negeri serta kemampuan penyediaan energy secara strategis dalam jangka panjang. Sebab minyak bumi sumber utama pemakaian energy yang penggunaanya terus meningkat, sedangkan jumlah persediaan terbatas. Karena itu perlu adanya pengembangan sumber-sumber energi lainnya seperti batu bara, tenaga air, tenaga angin, tenaga panas bumi, tenaga matahari, tenaga nuklir dan sebagainnya.

MATERI

Materi dapat dilihat dengan membuka link di bawah ini.
http://www.slideshare.net/febry777/pertambangan-10032716

VIDEO






PEMBAHASAN

Pengertian

Pertambangan adalah rangkaian kegiatan dalam rangka upaya pencarian, penambangan (penggalian), pengolahan, pemanfaatan dan penjualan bahan galian (mineral, batubara, panas bumi, migas).

Paradigma baru kegiatan industri pertambangan ialah mengacu pada konsep Pertambangan yang berwawasan Lingkungan dan berkelanjutan, yang meliputi :

• Penyelidikan Umum (prospecting)
• Eksplorasi : eksplorasi pendahuluan, eksplorasi rinci
• Studi kelayakan : teknik, ekonomik, lingkungan (termasuk studi amdal)
• Persiapan produksi (development, construction)
• Penambangan (Pembongkaran, Pemuatan,Pengangkutan, Penimbunan)
• Reklamasi dan Pengelolaan Lingkungan
• Pengolahan (mineral dressing)
• Pemurnian / metalurgi ekstraksi
• Pemasaran
• Corporate Social Responsibility (CSR)
• Pengakhiran Tambang (Mine Closure)

Ilmu Pertambangan : ialah ilmu yang mempelajari secara teori dan praktik hal-hal yang berkaitan dengan industri pertambangan berdasarkan prinsip praktik pertambangan yang baik dan benar (good mining practice)

Pandangan dan Sikap Saya

Sumber daya bumi di bidang pertambangan harus dikembangkan semaksimal mungkin untuk mencapai pembangunan. Dan untuk ini perlu adanya survey dan evaluasi yang terintegrasi dari para ahli agar menimbulkan keuntungan yang sangat besar dengan sedikit kerugian baik secara ekonomi maupun secara ekologi.

Penggunaan ekologi dalam penggunaan pertambangan sangat perlu di dalam rangka meningkatkan mutu hasil pertambangan dan untuk dapat memperhitungkan sebelumnya pengaruh aktivitas pembangunan pertambangan pada sumber daya dan proses alam lingkungan yang lebih luas.

Segala pengaruh sekunder pada ekosistem baik lokal maupun secara lebih luas perlu dipertimbangkan dalam proses perencanaan pembangunan pertambangan, dan sedapat mungkin dievaluasi sehingga kerusakan akibat pembangunan pertambangan ini dapat dihindarkan atau dikurangi, sebab melindungi lingkungan lebih mudah dari pada memperbaiki.

DAFTAR PUSTAKA

Santoso, Budi.1999. Ilmu Lingkungan Industri. Depok: Gunadarma.
http://id.wikipedia.org/wiki/Pertambangan
http://www.google.co.id/search?q=pertambangan.ppt&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a
http://www.youtube.com/watch?v=Rw9lGrFv6KQ
http://www.youtube.com/watch?v=3hd-UXTSVPQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar