Jumat, 04 November 2011

KEPENDUDUKAN

Oleh :
Febry Aryanto
12410701 / 2 IB 02

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadapan ALLAH SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nyalah tulisan ini kami selesaikan tepat pada waktunya. Ada pun makalah ini kami susun, untuk dapat memenuhi tugas I mata kuliah Pengantar Lingkungan. Tulisan ini kami beri judul ”Kependudukan”. Kami berharap dengan disusunnya tulisan ini agar Agar mahasiswa memahami dan mengerti perkembangan prnduduk Indosnesia, pertambahan penduduk dan lingkungan, serta pertumbuhan penduduk dan tingkat pendidikan. Selain itu mahasiswa diharapkan memahami pertumbuhan penduduk dan penyakit yang berkaitan dengan lingkungan hidup, pertumbuhan penduduk dan kelaparan, serta kemiskinan dan keterbelakangan. Kami menyadari tulisan ini jauh dari kata sempurna, karena itu kritik dan saran yang membangun kami harap kan.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Edi Minaji Pribadi selaku dosen mata kuliah Pengantar Lingkungan yang telah membimbing kami, sera pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan tulisan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.



Bekasi, 22 Oktober 2011


PENDAHULUAN

Sejak dulu, masalah penduduk sudah menjadi perhatian manusia. Para negarawan maupun kelompok ahli membincangkan tentang besarnya jumlah penduduk yang seimbang berdasarkan pertimbangan politik, militer dan faktor sosial ekonomi.

MATERI

Materi dapat di lihat dengan membuka link di bawah ini.
http://www.slideshare.net/febry777/penduduk-indonesia-10032682

VIDEO






PEMBAHASAN

Ketidakseimbangan pertambahan penduduk dengan pertambahan produksi pangan ini sangat mempengaruhi keadaan lingkungan hidup, dimana lingkungan hidup diperas dan dikuras untuk memenuhi lingkungan hidup. Akibatnya lingkungan hidup semakin rusak dan berkurang kemampuan ataupun produktifitasnya.

Pertambahan penduduk seperti kita alami sekarang menimbulkan banyak masalah kependudukan, tidak hanya kekurangan makan pada sebagian besar penduduk, tetapi juga kekurangan kesempatan kerja, sekolah, kekurangan tempat tinggal, kekurangan air, dan berbagai macam akses lainnya.

Dalam arti luas populasi berarti sejumlah makhluk sejenis yang mendiami atau menduduki tempat tertentu, misalnya pohon jati yang terdapat didalam suatu hutan atau babi hutan yang menempati hutan tersebut. Kadang-kadang populasi tudak hanya dikenakan kepada makhluk, juga benda-benda sejenis.

Rangka mempelajari penduduk, kita dapat mengadakan pendekatan secara demografi, yaitu mengenai jumlahnya, mengenai cirri-cirinya seperti umur dan sejenis kelamin, status perkawinan, pendidikan dan pekerjaan, serta distribusi tempat tinggalnya. Perubahan jumlah, cirri serta distribusi yersebut dapat disebabkan karena adanya perubahan kelahiran(fertilasi), kematian(mortalitas) dan perpindahan penduduk(migrasi). Pengetahuan demografi diperoleh dari informasi yang dikumpulkan melalui sensus, registrasi vital dan survei penduduk. Informasi ini meliputi jumlah dan arah pertumbuhannya, kualitas penduduk, penyebaran penduduk dan migrasi penduduk.

Pandangan dan Sikap Saya

Zaman yang modern ini kita telah tahu bahwa jumlah kependudukan dari tahun ketahun semakin meningkat dan disinilah yang menjadi permasalahan bagi seluruh negara. Banyak sekali upaya yang dilakukan oleh tiap negara salah satunya adalah mengadakan upaya Keluarga Berencana(KB). Setiap masyarakat yang baru membentuk keluarga baru dianjurkan mengikuti program KB guna mempersempit angka kelahiran disetiap negara.

DAFTAR PUSTAKA

Santoso, Budi.1999. Ilmu Lingkungan Industri. Depok: Gunadarma.
http://www.google.co.id/search?q=kependudukan.ppt&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a
http://www.youtube.com/watch?v=z7xWS_uZpYg
http://www.youtube.com/watch?v=AWUmehlA4Dg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar