Rabu, 13 November 2013

METODE PENGALAMATAN PADA KOMPUTER


Mode pengalamatan adalah bagaimana cara menunjuk dan mengalamati suatu lokasi memori pada  sebuah alamat di mana operand akan diambil. Mode pengalamatan diterapkan pada set instruksi, dimana pada umumnya instruksi terdiri dari opcode (kode operasi) dan alamat. Setiap mode pengalamatan memberikan fleksibilitas khusus yang sangat penting. Mode pengalamatan ini meliputi direct addressing, indirect addressing, dan immediate addressing.

Jenis-jenis Metode Pengalamatan

1.     Direct Addressing
     
Dalam mode pengalamatan langsung, alamat langsung dari operand ditentukan oleh instruksi itu sendiri sebagaimana ditunjukkan di bawah. Mode pengalamatan langsung menggunakan 128 bytes RAM internal yang lebih rendah dan register fungsi khusus (SFR). Sebagai contoh, instruksi MOV A, Direct, menggunakan alamat langsung dari operand sumber. Maka, MOV A, 54H akan mentransfer konten dari lokasi memori on-chip, yang mana alamatnya adalah 54H di akumulator. Dengan cara serupa, untuk membaca konten dari SFR SBUF ke dalam akumulator, kita dapat menggunakan instruksi MOV A, SBUF. Perlu dicatat bahwa SFR SBUF memiliki alamat langsung 99H, yang terletak di 128 bytes RAM on-chip yang lebih tinggi. Gambar di bawah menunjukkan ruang memori yang dialamatkan oleh mode pengalamatan ini. Ini adalah satu-satunya metode untuk mengakses SFRs.


Kelebihan        :
  • Field alamat berisi efektif address sebuah operand
  • Teknik ini banyak digunakan pada komputer dan komputer ecil
  • Hanya memerlukan sebuah referensi memori dan tidak memerlukan kalkulus khusus

Kelemahan      :
·         Keterbatasan field alamat karena panjang field alamat biasany lebih kecil dibandingkan panjang word

2.     Indirect Addressing

Pengalamatan register tidak langsung pada Mikrokontroler 8051 menggunakan salah satu dari register-register R0 atau R1, dari register bank yang telah dipilih, sebagai penunjuk ke lokasi di blok memori data sebesar 256 bytes. Hal tersebut dapat merujuk ke 128 bytes RAM internal yang lebih rendah, (dan 128 bytes RAM internal yang lebih tinggi berkaitan dengan 8032/52), atau 256 bytes memori data eksternal yang lebih rendah. Gambar di bawah menunjukkan alamat memori yang dialamatkan oleh mode pengalamatan tidak langsung. Perlu dicatat bahwa SFRs tidak dialamatkan oleh mode ini. Secara serupa, memori eksternal melampaui 256 bytes yang lebih rendah tidak dialamatkan.



Kelebihan        :
·         Ruang bagi alamat menjadi besar sehingga semakin banyak alamat yang dapat referensi

Kekurangan     :
·         Diperlukan referensi memori ganda dalam satu fetch sehingga memperlambat proses operasi

3.     Immediate Addresing

Mode pengalamatan immediate addressing sangat umum dipakai karena harga yang akan disimpan dalam memori langsung mengikuti kode operasi dalam memori. Dengan kata lain, tidak diperlukan pengambilan harga dari alamat lain untuk disimpan. Contohnya: MOV A,#20h. Dalam instruksi tersebut, akumulator akan diisi dengan harga yang langsung mengikutinya, dalam hal ini 20h. Mode ini sangatlah cepat karena harga yang dipakai langsung tersedia.

 Keuntungan    :
·      Tidak adanya referensi memori selain dari instruksi yang diperlukan untuk memperoleh operand
·      Menghemat siklus instruksi sehingga proses keseluruhan akan cepat
Kekurangan     :
·      Ukuran bilangan dibatasi oleh ukuran field alamat


REFERENSI             :

Anonim. 2013. Metode Pengalamatan. http://thoyaan.blogspot.com/ (23 Oktober 2013)
Ramahendra, Gilang. 2013. Makalah Arsitektur Komputer Mode Pengalamatan.
Oktober 2013)
Ndoware. 2011. Mode Pengalamatan Mikrokontroler 8051.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar