Sabtu, 05 Oktober 2013

ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER




PENGERTIAN KOMPUTER

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

ORGANISASI KOMPUTER

Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional. Contohnya teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.


Organisasi Komputer

ARSITEKTUR KOMPUTER

Arsitektur Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, Blue Gene, dll.

PERBEDAAN ANTARA ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer, dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural. Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal control. Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.



REFERENSI :

Adi, Farid. 2012. Perbedaan Arsitektur dan Organisasi Komputer.

http://faridadi91.blogspot.com/2012/10/perbedaan-arsitektur-dan-organisasi.html (03

Oktober 2013)

Anonim. 2013. Arsitektur dan Organisasi Komputer. http://orkom.lecture.ub.ac.id/ (03 Oktober

2013)

Anonim. 2013. Arsitektur Komputer. http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer (03
Oktober 2013)
Anonim. 2013. Komputer. http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer (03 Oktober 2013)
Oktober 2013)
Gunawan, Muhamad. 2013. Organisasi dan Arsitektur Komputer.
(03 Oktober 2013)

Guildanjing. 2012. Organisasi dan Struktur Sistem Komputer.

http://guildanjing.wordpress.com/2012/10/21/organisasi-dan-struktur-sistem-komputer/

(03 Oktober 2013)



1 komentar:

  1. Saya juga punya referensi tentang sistem dan arsitektur komputer, bisa dicek dialamat ini http://mycomputerarchitecture.blogspot.com/
    penjelasan yang cukup bagus dan mudah dimengerti

    BalasHapus