Minggu, 03 April 2011

LOGIKA MENGHITUNG LUAS SEGITIGA

uses crt;
var
a,t,x:integer;
begin
clrscr;

Langkah pertama membuat program Luas Segitiga sama halnya dalam mambuat program sebelumnya adalah dengan cara memanggil unit library pascal crt yang merupakan unit bawahan atau standard pascal serta statement ini berfungsi untuk menghapus layar dan interface keyboard. Berikutnya, terdapat statement untuk mendeklarasikan variable beserta tipe-tipe datanya. Seperti pada statement diatas terdapat perintah var a,t,x:integer; artinya mendeklarasikan variable yang diinginkan(a, t, x) berdasarkan tipe data bilangan bulat dan jangan pernah lupa untuk setiap akhir statement diakhiri dengan titik koma(;), kecuali untuk nama label. Lalu statement selanjutnya yaitu memulai suatu program utama. Kemudian diakhiri dengan statement clrscr; yang berarti untuk membersihkan layar dari statement program yang terdahulu.

writeln(‘Menghitung Luas Segitiga’);
write(‘Masukkan Alas :’);
readln(a);
write(‘Masukkan Tinggi :’);
readln(t);
x:=(a*t) div 2;
write(‘Luas = ‘, x);
readln;
end.

Pada statement diatas menjelaskan untuk mencetak tepat seperti yang terdapat didalam tanda petik(“…”), writeln(‘Menghitung Luas Segitiga’); artinya mencetak tulisan yang terdapat pada tanda petik(Menghitung Luas Segitiga) pada layar lalu pendah baris ke bawah.kemudian write(‘Masukkan alas :’); yang berarti mencetak tulisan yang terdapat pada tanda petik(Masukkan alas) pada layar tanpa pindah baris yang diikuti dengan statement readln(a); yaitu untuk menginput data lalu pindah baris. Begitu pula statement berikutnya, sama seperti statement sebelumya yaitu mencetak tulisan yang terdapat pada tanda petik(Masukkan Tinggi) pada layar tanpa pindah baris yang diikuti dengan statement readln(t); yaitu untuk menginput data lalu pindah baris. Selanjutnya variable x memiliki nilai dari hasil a yang dikalikan dengan t per 2. Setelah itu mencetak tulisan(Luas =) pada layar tanpa pindah baris yang diikuti dengan menginput data lalu pindah baris. Dan diakhiri dengan statement end. yang berarti perintah itu berakhir dan selalu diberi titik(.) artinya akhir dari program tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar